35 Business Plan by @entrepreneursID
>> Jumat, 21 Oktober 2011
Bagi kamu enterpreneur muda yang ingin sukses berlimpah, silahkan ikuti nasehat-nasehat dari mentor yang sering membuat kultwit di twitter. Rangkuman ini sengaja saya buat untuk mempermudahkan teman-teman sekalian.
silahkan dibaca.
1. Selalu mulai usahamu dengan keyakinan dan jangan lupa utk libatkan Tuhan. Dia yg akan memberi kesuksesan.
2. Tuliskan tujuan bisnismu apa, buat deskripsi simple ttg bisnismu, bergerak dbidang apa.
3. Pilih jenis bisnis yang akan dijalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dengan skill atau minat.
4. Tentukan merek yang akan dipakai. Merek ini merupakan representasi dari bisnismu. Merek akan jjadi aset penting.
5. Pilih merek yg sesuai dengan karakter produk & bisnismu, usahakan yyang simple, menarik dan mudah diingat.
6. Next buat analisa SWOT: penting utk analisa lingkungan & pesaing usaha. Dan STP: utk fokus bisnismu.
7. SWOT: Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dr luar).
8. Strength: analisa kekuatan kita - misal: harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis.
9. Strength ini harus ditonjolkan dalam materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita dibanding pesaing.
10. Weakness: analisa kelemahan kita - misal tidak punya lahan parkir, karyawan belum pengalaman dll.
11. Weakness ini kita antisipasi dengan preparation yg lebih baik & lakukan strategi untuk mengurangi kelemahan.
12. Opportunity: kesempatan - misal, produk kita berpotensi untuk diekspor, jenis produk masih bisa berkembang.
13. Jadikan opportunity ini sebagai langkah di saat mendatang untuk mengembangkan bisnis agar makin sukses.
14. Threat: Ancaman dari luar: misal one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll.
15. Untuk threat ini, buatlah plan b sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar-benar terjadi.
16. Selanjutnya buat analisa STP: Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya untuk fokus bisnismu.
17. Segmenting: menentukan market dg cara di bagi segmen: Lokasi, age, social class - low, medium, high.
18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, high. Diberikan produk yg berbeda juga.
19. Segmenting ini utk menentukan target market: sehingga strategi produk kita bisa sesuai dengan target market.
20. Targeting: Pemilihan market dari segmen2 yg sudah ditentukan. Sehingga strategi bisa fokus.
21. Setelah Segmenting dan Targeting ditentukan, selanjutnya Positioning: Gambaran dari bisnis kita.
22. Positioning ini contohnya: D'cost - seafood dengan harga terjangkau. Sehingga image ini tertanam dibenak konsumen.
23. Selanjutnya persiapkan 7P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve.
24. Konsep produk harus disiapkan dengan detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll
25. Tetapkan harga yang sesuai dengan analisa keuntungan. Sesuaikan harga dengan target market yg dituju.
26. Strategi pricing: harus value for money untuk konsumen - harga sesuai dengan kualitas yg ditawarkan.
27. Place: jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yg akan berkunjung
28. Promosi: persiapkan strategi promosi dengan baik - offline strategi (brosur, print ad, sales promo).
29. Promosi yg lowcost tapi impactful - online strategi: social media - facebook, twitter, blog, youtube.
30. People: psiapkan karyawan-training dengan baik, karena pelayanan dari karyawan sangat menentukan kepuasan konsumen.
31. Process: dalam bidang jasa misal resto harus dipersiapkan prosedur proses pembuatan makanan dari awal hingga akhir.
32. Physical evidence: persiapkan semua peralatan, perlengkapan untuk usaha. Gunakan kualitas terbaik.
33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kapan BEP.
34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching.
35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dpersiapkan dg didampingi mentor atau yg sudah berpengalaman.
0 komentar:
Posting Komentar